Asal Usul BBM

Menurut Ensiklopedia Britannica, penggunaan bahan bakar minyak bumi pertama kali diperkirakan 5000 tahun SM oleh bangsa Sumeria, Asyiria, dan Babilon Kuno. Mereka mengumpulkan minyak bumi bukan dari pertambangan seperti yang lzim dilakukan di zaman sekarang, tetapi melalui rembesan minyak di permukaan tanah.

Kala itu, fungsi utama minyak bumi sebagai obat luka, pencahar, atau pembasmi kutu. Pada abad pertama Masehi bangsa Arab dan Persia menemukan destilasi minyak bumi, sehingga minyak mudah terbakar, kemudian oleh mereka digunakan untuk keperluan militer.

Pengeboran minyak bumi pertama yang tercatat sejarah dilakukan di Pennsylvania, Amerika Serikat, pada tahun 1859, di tambang milik Edwin L. Drake, pelopor industri minyak dunia. Seiring berjalannya waktu minyak mentah (crude oil) didestilasi menjadi fraksi bahan bakar seperti minyak tanah, solar dan bensin.

Di abad sekarang bisa dikatakan bahwa dunia benar-benar tergantung pada BBM. Padahal BBM adalah bahan bakar tak terbarukan. Dengan pemakaian terus menerus maka lama kelamaan BBM akan habis.

0 komentar: