Facebook

Pernah mendengar nama Mark Zuckerberg? Mungkin sebagian dari anda tidak pernah mendengar nama itu. Tapi, bagaimana dengan “Facebook”, sebuah program jejaring sosial yang sekarang ramai dibicarakan. Ya, Mark Zuckerberg tidak lain adalah pendiri dari situs Facebook.

Dilahirkan pada 14 Mei 1984 dari pasangan ayah yang dokter gigi dan ibu seorang psikiater, Mark Elliot B. Zuckerberg menghabiskan masa kecil di kawasan elite Dobbs Ferry, pinggiran Westchester Country, New York. Ia anak kedua dari 4 bersaudara, kakak dan adiknya perempuan.


Keterampilannya mulai terlihat ketika ia mendapat komputer dari orang tuanya pada umur 10 tahun. Ketika SMU dia sudah bisa membuat program-program sendiri dan meng-hack banyak situs sampai akhirnya terlacak. Karena itu ia ditawari kerja oleh Microsoft dan AOL. Tapi dia menolak, memilih masuk Harvard untuk belajar Psikologi.

Situs Facebook sendiri diresmikan oleh Mark tanggal 4 Februari 2004, dengan tujuan membantu mahasiswa membentuk jejaring sosial di kampus. Facebook mendapat sambutan besar. Dalam dua minggu pertama sepertiga dari mahasiswa kampus mendaftarkan diri. Tidak hanya di Harvard, situs ini pun mulai dipromosikan ke kampus-kampus lain. Sampai pertengahan 2004 total sudah lebih dari 30 universitas dan sekolah yang memakai Facebook. Dalam menyebarkan Facebook, Mark dibantu oleh teman sekamarnya, Dustin Moskovitz.

Karena permintaan yang tidak terbendung mereka terpaksa mengambil cuti kuliah. Sekarang dari sebuah kamar asrama kecil, usaha mereka berkembang menjadi 4 bangunan megah di kawasan University Avenue, pusat kota Palo Alto.

Did You Know?
  • Microsotf sebagai perusahaan pembuat perangkat lunak terbesar berani membayar US$ 240 juta (Rp 2,1 T) demi 1,6% saham Facebook. Jadi total kekayaan Facebook 100/1,6 x US$ 240 juta = US$ 15 M (Rp 140 T).
  • Majalah Forbes pada Maret 2008 menjuluki pemuda yang baru berumur 24 tahun itu sebagai “The world’s youngest selfmade billionnaire”.
  • Ia berada di urutan 785 daftar orang terkaya dunia dengan kekayaan sekitar Rp 14 T (versi majalah Forbes).
  • Walaupun sekarang Mark kaya raya, tetapi penampilannya sama seperti remaja pada umumnya, jeans bebal dipadu sepatu kets. Tempat tinggalnya juga tetap sama, di apartemen 1 kamar yang dia huni sejak 4 tahun lalu.

0 komentar: