Memperkuat Sistem Daya Tahan Tubuh


Kesehatan adalah sesuatu yang mahal harganya. Apapun akan dilakukan seseorang untuk menjadi sehat. Tapi di zaman modern seperti sekarang polusi sebagai salah satu penyebab penyakit sangat sulit dihindari. Sehingga kita perlu memeperkuat sistem daya tahan tubuh kita.

Jamal Zaini dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/Pusat Respirasi Nasional RS Persahabatan, Jakarta, dalam penelitiannya menyebutkan beberapa dampak pencemaran udara terhadap kesehatan tubuh diantaranya, timbulnya reaksi radang/inflamasi pada paru, komponen biologis yang menginduksi inflamasi/peradangan dan gangguan sistem imunitas tubuh, efek adjuvant (tidak secara langsung mengaktifkan sistem imun) terhadap sitem imunitas tubuh, serta menurunkan sistem pertahanan tubuh normal (misal: dengan menekan fungsi alveolar makrofag pada paru).
Kita sebagai orang urban yang hidup di hiruk pikuk perkotaan rentan terhadap polutan. Pencemaran udara bisa berasal dari asap kendaraan, asap rokok, atau asap pembuangan pabrik. Nah oleh karena itu agar aktivitas kita bisa berjalan dengan lancar, maka ada baiknya kita melakukan cara-cara berikut ini:

Cara Memeperkuat Kekebalan Tubuh:

  • Konsumsi makanan dan minuman yang sehat sehingga asupan mikronutrisi (vitamin dan mineral) terpenuhi.
  • Menjalankan aktivitas olahraga yang rutin dan teratur (minimal 1 kali seminggu).
  • Istirahat yang cukup.
  • Mengurangi tingkat stres denga berekreasi yang terbukti juga dapat meningkatkan metanolisme tubuh.

Dengan beberapa cara tersebut setidaknya kita bisa melindungi tubuh dari dampak pencemaran udara. Semoga bermanfaat.

0 komentar: