Memperkecil Paparan Polusi


Masih berbicara masalah polusi udara, terutama di kota-kota besar. Sering sekali kita merasa terganggu dengan udara yang penat akibat banyaknya gas karbon yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor.

Polusi udara juga bisa menjadi penyebab flu dan batuk. Kita tidak bisa menghindari polusi. Tetapi kita bisa memperkecil paparannya. Caranya tergantung jenis dan sumber polusi.Usahakan berada didalam ruangan pada jam polusi (jam pulang kantor).

  1. Apabila anda berkendara dengan sepeda motor selalu pakailah masker untuk menyaring udara yang kita hirup.
  2. Jika anda berkendara dengan mobil, periksakanlah filter AC mobil anda secara rutin. Sebab jika rusak kemampuannya menyaring polutan akan berkurang bahkan menghilang.
  3. Sebisa mungkin selalu mengambil jarak dengan perokok. Jangan lupa membawa sapu tangan atau tisu untuk menutupi hidung.
  4. Jika berada di ruangan ber-AC dan udara ruangan terasa kering, naikkan kelembapannya sampai batas nyaman sebab udara yang terlalu kering akan menyebabkan saluran pernapasan mengalami iritasi akibat polutan.
  5. Kurangi penggunan bahan-bahan kimia seperti barang-barang semprot yang kita pakai sehari-hari. Meskipun terlihat aman, tapi pemakaian yang berlebihan bisa juga menjadi penyebab polusi.
Semoga cara-cara ini bisa membantu kita terhindar penyakit akibat polusi. Apabila ada tanda-tanda batuk, segera konsumsi obat batuk herbal, karena bakteri yang kita keluarkan saat batuk bisa juga menjadi polusi bagi orang lain.

0 komentar: