Perawatan Bayi Prematur


Bayi prematur adalah bayi yang lahir lebih cepat dari semestinya. Biasanya antara 7-8 bulan. Karenanya mereka rentan terkena hipotermia (suhu dibawah 36,5 C). Berikut adalah beberapa cara mencegahnya:




  1. Konduksi, kehilangan panas melalui kontak langsung, misalnya dengan seprai atau selimut. Oleh karena itu pastikan semua benda yang bersentuhan dengan bayi tidak dingin.
  2. Konveksi, kehilangan panas karena adanya aliran udara. Jadi, jangan menaruh bayi di ruangan yang ada kipas anginya. Sirkulasi udara tetap harus ada tetapi tidak boleh ada aliran udara kencang.
  3. Evaporasi, kehilangan panas akibat adanya penguapan, misalnya saat pakaian bayi basah. Pastikan semua pakaian bayi dalam keadaan kering. Kalau ia mengompol, segera ganti popoknya.
  4. Radiasi, kehilangan panas bukan dari kontak langsung tapi lewat radiasi infra merah, misalnya antar bayi dengan jendela. Sekalipun tidak bersentuhan langsung dengan bayi tapi suhu jendela atau tembok yang dingin bisa membuat bayi mengalami hipotermia. Selalu pastikan suhu jendela dan tembok tidak dingin. Kalau dingin, lapisi jendela atau dinding dengan tirai yang berfungsi menghalangi radiasi.

0 komentar: