TILLANDSIA-Tanaman Survivor


Tillandsia dikenal juga sebagai spanish moss. Di Amerika Serikat, sedikitnya 5000 ton tillandsia dipanen dari hutan.

Ada yang menggunakan tanaman itu untuk kerajinan tangan, ada juga untuk taman. Misalnya sebagai penutup tanah untuk hamparan tanah hamparan (bedding plant). Hanya saja perlu diperhatikan kalau menggunakan tanaman hias ini untuk tanah hamparan harus disetrilkan terlebih dahulu. Di Indonesia tanaman ini baru digunakan untuk hiasan saja. Selain itu Tillandsia juga berfungasi sebagai penyaring debu, cocok ditaruh diteras agar debu tidak masuk rumah.

Sebagai tanaman hias perawatan tillandsia sangat mudah. Kalau perlu, dibiarkan saja hidup. Tidak perlu disiram tiap hari. Dua kali sehari cukup. Karena di habitat aslinya mereka bisa bertahan dengan nutrisi minim. Perihal sinar matahari, tillandsia juga tahan terhadap sinar matahari langsung.

Bagi anda yang berminat untuk mengoleksi, tersedia 680 jenis dalam marga ini. Yang umunya di Indonesia adalah T.usneioides. Harganya mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 100.000 tergantung besar kecilnya tanaman. Tapi kalau yang berjenis langka harganya lebih dari seratus ribu.

0 komentar: